Bandung Contemporary Art Awards



The Bandung Contemporary Art Awards (BaCAA, Anugrah Seni Kontemporer Bandung)diadakan terutama untuk mendorong perkembangan seni rupa kontemporer di Indonesia, yang mengarah pada pengakuan di peta seni dunia. Penghargaan ini akan berupaya meningkatkan partisipasi para peraih anugerah seni ini dalam kancah seni penting. Seniman yang memenuhi syarat untuk menerima anugerah adalah seniman muda berbakat yang telah memamerkan karya-karya seninya di galeri mapan, ruang seni publik, atau ruang-ruang seni baru dengan program yang jelas.

Bandung Contemporary Art Awards #01 [BaCAA #01] telah sukses diselenggarakan dan memberikan paparan yang meluas bagi para seniman muda yang terpilih sebagai finalis. Peraih BaCAA #01 telah menerima hadiah sebesar Rp100 juta. Ketiga seniman terbaik lainnya telah memperoleh pengalaman, atau sedang menjalani pengalaman, di lingkungan baru sebagai bagian dari penghargaan yang mereka terima, dan memperkaya perjalanan artistik mereka. Seorang dari mereka berkunjung ke Biennale Venezia pada Mei-Juni 2011, seorang lagi sedang menjalani program residensi seniman di Pusat Seni Asia Tenggara di Passau, Jerman, pada 5 Juli – 2 Oktober 2011, sementara yang terakhir sedang menjalankan suatu proyek studio seni di Berlin, Jerman.
ArtSociates di bawah Foundation AB kini mengumumkan pelaksanaan BaCAA #02 yang akan diselenggarakan pada 2011/2012. Anugerah bagi seniman terbaik akan diberikan pada April 2012 dan untuk tiga seniman terbaik lainnya akan diberikan dalam jangka waktu paling lambat satu tahun setelah penganugerahan. ArtSociates akan menyelenggarakan pameran karya-karya seni yang terpilih sebagai finalis. Pada tahun kedua ini, anugerah ini masih diberikan kepada seniman-seniman muda Indonesia. Anugerah ini akan dikembangkan lebih lanjut untuk menyertakan seniman-seniman internasional dan dengan demikian memungkinkan para seniman dan karya seni Indonesia berpartisipasi dan bersaing di tingkat internasional.
Pemenang dan Penghargaan
Pemenang BaCCA #02 akan diumumkan pada Maret/April 2012. Seorang pemenang akan menerima hadiah sejumlah Rp100 juta dan tiga seniman terbaik lainnya akan menerima paket kunjungan seni atau program residensi seni di Asia atau Eropa. Program residensi seni tiga bulan mencakup tiket pesawat pergi-pulang, penginapan, biaya hidup, dan bahan-bahan seni dalam jumlah yang masuk akal. Selama proses residensi, sedapat mungkin diupayakan penyelenggaraan suatu pameran seni kecil. Anugerah seni ini mendorong lebih banyak program residensi seni ketimbang kunjungan seni. Bilamana program kunjungan seni yang dipilih, biaya keseluruhan untuk kunjungan tersebut tak boleh melebihi Rp35 juta. 25 karya seni terbaik akan dipilih untuk dipamerkan.
Persyaratan
Setiap pendaftar untuk anugerah 2012 haruslah seorang seniman Indonesia atau suatu kelompok seniman yang berdiam di Indonesia dan sedang secara aktif membangun karier sebagai perupa.
Pada 1 April 2012, para seniman atau kelompok seniman yang mendaftar untuk anugerah ini haruslah berusia lebih muda daripada 40 tahun. Para seniman atau kelompok seniman ini harus telah tercatat berpameran setidaknya tiga kali dalam tiga tahun terakhir di tiga jenis lokasi tepercaya yang disebutkan di atas (galeri seni mapan, ruang seni publik, atau ruang seni baru dengan program yang jelas).
Tema
Tema untuk anugerah yang pertama cukup longgar, tapi kami menargetkan untuk memperoleh kombinasi antara ide yang luar biasa dan eksekusi yang kuat.
Prosedur dan Peraturan
Karya-karya seni yang dikirimkan dinilai oleh sang seniman atau kelompok seni peserta sebagai karya-karya seni terbaik yang dibuat dalam dua tahun terakhir sebelum pengumuman anugerah ini. Dalam hal anugerah yang kedua ini, karya-karya seni tersebut haruslah dibuat pada 2010 atau 2011. Karya-karya seni ini dimiliki oleh sang seniman atau kelompok seniman dan harus tersedia untuk dijual. Setiap seniman atau kelompok diizinkan mengirimkan paling banyak satu karya.
  • Setiap karya dua dimensi, ukurannya tidak melebihi 6m(dimensi maksimalnya, misalnya, 2mx3m; 1,2mx5m; 4mx1,5m)
  • Setiap karya tiga dimensi, tingginya tidak melebihi 3m, sementara lebar x dalamnya tak melebihi 3m2 (contoh dimensi maksimumnya misalnya: 3mx2mx1m; 3mx2mx1,5m)
  • Durasi setiap karya video tak melebihi 10 menit.
Dengan mengirimkan karya ke kompetisi ini, sang seniman menyatakan setuju dengan peraturan anugerah ini. Untuk mengikuti proses praseleksi kompetisi ini, seniman harus mengirimkan foto karya dengan resolusi tinggi, bersama dengan portofolio (CV) terbaru seniman dan gambaran singkat dari karya seni tersebut yang ditulis oleh seniman sendiri.
Pengiriman karya dapat dilakukan secara elektronik atau dengan mengirimkan cakram padat (CD) ke alamat penyelenggara. [Bila pengiriman dilakukan secara elektronik, ukuran keseluruhan foto dan portofolio harus kurang dari 1 MB.] Foto harus dalam format jpg dan diberi nama dengan format berikut:
“Nama-seniman+judul-karya+tahun+medium+ukuran (tinggixlebar atau tinggixlebarxdalam)”
(contoh: Joko-Sumarjo Cahaya-di-ruang-kosong 2010 Kertas-polyurethane-aspal 150x200x10)
Nama berkas portofolio harus dalam format berikut: “Nama-seniman+kota-tempat-tinggal+tanggal-lahir”
(contoh: Joko-Sumarjo Yogyakarta 1958-04-10)
Deskripsi atau gambaran singkat karya tak boleh lebih daripada 300 kata, mengacu pada konsep yang menggerakkan sang seniman untuk membuat karya tersebut, dan bilamana perlu mencakup pula penggunaan artisan sebagai bagian dari konsep seni dan eksekusinya.
Dengan berdasarkan foto dan portofolio seniman, Dewan Juri akan memilih sebanyak-banyaknya seratus (100) peserta dan meminta mereka mengirimkan karya mereka kepada penyelenggara.
Tenggat Pengiriman
Foto karya seni, deskripsi singkat karya, dan portofolio seniman harus sudah diterima oleh penyelenggara selambat-lambatnya 18 November 2011.
Sebanyak-banyaknya seratus (100) karya seni terpilih harus telah diterima oleh penyelenggara sebelum 27 Januari 2012.
Juri
Anggota Dewan Juri kompetisi ini akan bertindak sebagai anggota juri selama dua tahun berturut-turut. Untuk mendorong perkembangan anugerah seni ini dan menjadi bagian dari peristiwa seni internasional, Dewan Juri berikutnya akan dibentuk dengan mempertimbangkan rekomendasi dari Dewan Juri dua tahunan yang sebelumnya. Untuk dua tahun pertama, anggota Dewan Juri ini adalah:
  1. · Agus Suwage (Seniman)
  2. · Carla Bianpoen (Wartawan Seni)
  3. · Hendro Wiyanto (Kurator Seni)
  4. · Mella Jaarsma (Seniman)
  5. · Rifky Effendy (Kurator Seni)
  6. · Syakieb Sungkar (Kolektor Seni)
  7. · Wiyu Wahono (Kolektor Seni)
Pengumuman dan Pameran
Pengumuman hasil seleksi 25 karya seni akan diterbitkan di media massa dengan pemberitahuan kepada sang seniman selambat-lambatnya 15 Maret 2012; nama pemenang akan tetap dirahasiakan dan diumumkan saat pembukaan pameran. Ke-25 karya seni yang terpilih akan dipamerkan di Lawangwangi, Bandung, pada Maret/April 2012.
Penjualan
Ke-25 karya seni akan ditawarkan untuk dijual. Harga akan diputuskan melalui diskusi dengan setiap seniman atau manajernya dan didasarkan pada harga pameran terkini bagi setiap karya seni. Namum, keputusan akhir mengenai harga ada di tangan penyelenggara. Setiap finalis akan menerima Rp10 juta terlepas dari apakah karyanya terjual atau tidak. Semua hasil penjualan akan dimasukkan dalam dana sumbangan (endowment fund) yang didedikasikan untuk penyelenggaraan dan keberlanjutan BaCAA.
ArtSociates
@ Lawangwangi
Jl. Dago Giri 99, Warung Caringin
Mekarwangi, Bandung, 40391
Indonesia
Tel. +62 22 250 4065
Fax. +62 22 250 4105
Selular +62 812 147 6946
Untuk registrasi online silahkan klik alamat dibawah ini
http://artsociates.com/BaCAA/index.php/participant/8

0 komentar:

Posting Komentar